Peradaban Manusia, Bencana Yang Membanggakan

Oleh:  Soe86
Dari proses belajar, manusia telah berhasil menciptakan dan mengembangkan IPTEK .Dengan IPTEK ini, telah banyak merubah peradaban dan dunia yang dulunya terlihat dengan pemandangan hijau berubah menjadi gedung yang menyilaukan. Dulunya hanya burung dan hewan bersayap lainnya yang bisa terbang, tapi sekarang, manusia lebih bisa terbang dan mengelilingi bumi sekejap saja. Pendeknya, manusia serba bisa dan menjadi pemegang remot control alam.
 
Kebolehan manusia tersebut memang tidak dapat dipungkiri. Manusia bisa mendapatkan apa yang diinginkan sehingga lahirlah anggapan bahwa manusialah raja bahkan manusia adalah tuhan. Anggapan inilah yang menjadikan manusia sombong dan tak mau lagi tunduk. Kesombongan yang tak pernah melihat kekalahan yang sebenarnya menyertainya.
 
Kesenangan-kesenangan yang diciptakan oleh manusia sendiri membawanya pada arus ketagihan yang sangat susah untuk dilepaskan. Dia tak bisa lagi senang tanpa kesenangan ciptaannya sendiri. Bahkan mereka akan mengadakan perang apabila kesenangannya tidak terpenuhi. Dan disitulah kekalahan manusia yang tak pernah disadarinya. Mengapa dia harus tunduk pada ciptaannya sendiri ?. Kalau memang manusia itu kuat, mana kekuatannya melawan kesenangan ?, mengapa harus diperbudak kesenangan ?, mengapa justru kesenangan yang diciptakannya menjadi ajang perkelahian ?. Mari kita menjawab dalam hati kita sendiri !.
 
Sebelum berakhir, contoh kecil kesenangan buatan manusia yang memperbudaknya ; rokok yang dibuat manusia tidak lain hanya untuk menyenangkan manusia. Kalau dilihat rokok sebagai buatan manusia, maka disitulah kekuatan manusia, tapi kalau rokok dilihat sebagai penenang kala melakukan aktivitas, di situlah kekalahan manusia karena sebagian besar perokok tidak bisa lagi bekerja dengan tenang tanpa rokok. Itu menandakan perokok diikat oleh rokok, perokok kalah oleh rokok itu sendiri. Manusia kalah oleh kesenangannya sendiri. Manusia memang Aneh!